73 comments on “Buku Tamu

  1. terima kasih sudah memberikan fasilitas wahana konsultasi.semoga bank syari’ah menjadi tolak ukur perkembangan perbankan di indonesia

  2. ass….
    sukron katsir….situs ini lengkap dan bermutu soale muatannya tak hanya dunia semata namun akhirat pun insyaallah tembus dengan ilmu ini mari kita raih dunia ini tanpa melupakan kehidupan yang lebih abadi….
    selamat berjuang wahai para mujahid…semoga Ustad selalu dalam ridhoNYA amin

    www

  3. Ass. Saya mohon penjelasan tentang :
    1. Pembagian Hasil yang dipakai oleh BMI.
    2. Masa aktif ATM Instan.
    3. Fasilitas menarik yang diberikan kepada Nasabah.
    4. Mengapa Di Belitung belum didirikan Kantor Cabang/Cabang Pembantu.
    Terimakasih
    Wassalam…Wr.Wb.

  4. Subhanalloh…blog nya bener2 lengkap banget..ga hanya membahas masalah muamalah syariah tapi lengkap dgn artikel2 islaminya..syukron katsir. Bisa ga blognya dilengkapi ma profil BMT yang sukses..soalnya saya ada rencana membentuk BMT
    Jazakumullah ustadz

  5. Waalaikum salam.
    jazakillah atas kunjungannya, untuk profil BMT, sebenarnya banyak yang bisa diekspos pada blog ini, namun kayaknya masih belum sempat tuh. atau mungkin anti kalau ada data-data mengenai BMT, BPRS dll., bisa menjadi kontributor pada blog ini.
    Wassalam,

  6. Assalammualaikum……..
    ust.makasi yah da baik banget ma kita2 dikelas!!!
    nilainya semua bagus2…
    ust semangatin kita terus ya…untuk belajar fiqihmuamalt !!!
    kitakan pengen ikut barisan pelukis sejarah peradaban islam yang nantinya akan menggantikan ust2 semuanya….

  7. Assalamu alaikum..
    Senang sekali saya bisa menemukan blog ini, subhanallah bisa belajar banyak.

    Saya ingin sekali berhijrah ke jalur syariah yang lebih menenangkan jiwa, semoga bisa berhijrah ke sana karena saat ini masih bekerja di lembaga keuangan non bank yang bukan syariah. Maka itu saya harus banyak belajar

    Makasih ya Pak Zudin, sudah mau share di blog ini

  8. Alhamdllh………..
    Syukron Jzkmllh…isi blognya sudah lengkap.Smoga dapat bermanfaat untuk kemajuan ekonomi islam..
    Teruskan perjuangannya!!!!
    Oh y!tolong artikel ttg ekonomi islam (makro,mikro)ditambah,cz EKIS tdk hanya membahas ttg LKS aja.
    Terimakasih……….

  9. Jazakumullah akh marsudi, mungkin banyak yang bisa kita kembangkan dan lakukan berhubungan dengan aplikasi kitab2 fikih Turost, seperti pengembangan produk untuk keuangan dan perbankan Syariah, karena ternyata antara realita inovasi industri dan minat masyarakat tidak seimbang dengan kreativitas pada produk-produk keuangan dan perbankan Islam saat ini. Untuk itu ide-ide antum sangat ditunggu, dan kami siap menjadi fasilitator/mediator untuk kegiatan tersebut. Ayo terus bergerak maju…

  10. Assalamu Alaikum wr.wb
    saya seorang Mahasiswa semester II STAI PATI
    bagaimanakah cara saya mendapatkan beasiswa dari Bank Mu’amalat. karena saya adalah anak dari orang tua yang kurang mampu,
    demikian dari saya dan mohon dipertimbangkan
    Wassalamu Alaikum wr.wb

  11. alhamdulillah, bisa bergabung di sini. saya kepingin di bantu mengenai manajemen koperasi syariah dan BMT, jazkallah bil jannah

  12. alhamdulillah, saya bisa bergabung di sini. saya minta di bantu mengenai materi tentang manajemen dan penghitungan marjin dan bagi hasil untuk koperasi syariah dan BMT. Syukron Katsir. Jazakllah Bil Jannah ya Ustadz. Wassalam. Abu Ayyesya. Timika Papua

  13. Waalaikum salam.
    Akhi, Mohon antum kirim email ke admin secara langsung via email saja, karena banyak yang perlu dikirimkan. Salam buat ikhwah di Timika Papua.
    thanks

  14. Assalaamu’alaikum Wr Wb
    Ust keyfalhal ? Bgm caranya dwnload power pointnya , buat ana presentasi di Bank Syariah (Trainer). Semoga Bisa.

    Jazakallah

  15. Waalaikum salam Akh. Hendro, apa kabar antum juga. Untuk powerpoint mungkin antum bisa detailkan judulnya, karena banyak powerpoint yang ana sudah upload. nanti kirim via email.

  16. Ana Alhamdulillah, khabarnya baik.. Ust. u/ saat ini yg lebih prioritas berkaitan dg KJKS (BMT) baik dr segi akad, pendirian BMT dll.
    kalau ada yg kontemporer boleh juga u/ upgrade ilmu.
    Semoga bermanfaat.

    Jazakallah

  17. assalamu’alaikum ustad
    ustad ngomong2 tentang sukuk (obligasi syariah) seperti yang ana presentasikan kemaren kuliah dg siska, sebenarnya ana sendiri juga masih bingung ustad
    kasusnya waktu itu kan sukuk ijarah matahari 100M dg fee ijarah 13%, dapatnya fee ijarah yang dibayarkan itu adalah 13M/thn, wah itu banyak sekali ustad berarti feenya itu setelah 5thn menjadi 65M hampir sama dengan nilai sukuknya itu, diakhirnya masih lagi membayar 100M itu, atau sebenarnya 13M itu u/ selama masa ijarah ya ustad.
    afwan mohon dibantu mengatasi kebingunan ini.
    jazakaulah
    Wassalamu’alaikum wr wb

  18. Waalaikum salam.
    Apa kabar Yuni dan Siska ?.
    Oh ya, tentang sukuk apa yang Yuni tanyakan untuk margin/fee ijarah 13% dengan total jumlah 13M, itu untuk sekali transaksi, alias ketika pemegang sukuk tersebut masih memegang sukuknya sampai kepada masa jatuh tempo (maturiti) jadi bukan pertahun, atau mungkin hitungannya adalah 13% pertahun, bukan 13M/tahun. berbeda loh.
    Maka hitungan2 yang Yuni buat itu betul, nggak mungkin jumlah segitu yang akan diterima oleh investor.
    Saya banyak bahan tentang sukuk, kalau yuni dan siska ingin belajar, kontak aja. ok..

    Good luck.
    Wassalam

  19. Assalamu’alaikum wr.wb. saya senang sekali dengan hadirnya blog ini khususnya yang terkait dengan sukuk..untuk bang izuddin, saat ini saya sedang belajar tentang sukuk..bahkan rencana disertasi saya tentang sukuk…mungkin saya bisa dibantu topik apa yang menarik tentang sukuk..? plus kalo ada literatur2 tentang sukuk, saya bisa diinform lebih lanjut..sukron wassalamu’alikum wr.wb.

  20. SALAM KENAL
    Dengan FRONT KOMUNITAS INDONESIA SATU (FKI-1, Ormas Independen). Utk lebh mengetahui kegiatan dan AD/ART FKI-1 dpt dilihat di Website:www.apindonesia.com (Klik LOGO FKI-1).
    Terima Kasih Imas Nurhayani,SE. Sekretariat:Gd.Dewan Pers. Jl.Kebon Sirih No;32-34 Jakarta Pusat. Tlp:0213503349, 3864167, 0818798586. Email:satufki@gmail.com.

  21. Ass, ust ana murid antum di UI Az Zahra, ana dapat tawaran S2 di Malaya University program riset. Tapi ana ga ada proposal, antum py contoh proposal?..kira-kira menurut ustadz tema apa yang cocok untuk riset ana kalo jadian? Jazakallaohu Khaira

  22. ASSALMU’ALAIKUM WR.
    YA ALLOH MULIAKANLAH HAMBA YANG BAIK INI (PROF.DR.KH.NANANG HARIADI SE.MSc) GUS HAR , BAHAGIAKAN KELUARGANYA BERKAHI REZEKI YANG HALAL DAN KESEHATAN, KUATKAN IMANNYA , TINGGIKAN DERAJATNYA KABULKAN DO’ANYA , MARHABAN YAA RAMADHON Sejalan dengan TIBANYA dengan bulan Ramadhon 1429 maka salam buat segenap shobat-shabat kami yaitu Ulama Muda yang Moderat Prof.DR.KH.Nanang Hariadi Se.MSc. Gus Har semoga menjadikan bertambah ketaqwaan beliau sekaligus alloh Mengankat Derajatnya Amien saya atas nama keluarga Al Gadri Mendo’akan Semoga Prof.DR.KH.Nanang Hariadi Se.MSc Gus Har menjadi Menteri Agama Republik Indonesiaperiode tahun 2009-2014 Mendatang Amien Demikian salam kami sampaikan Wasslamam Wr.Wb.
    TERTANDA
    HABIB ALI MALIK AL GADRI
    HP 081386690559

  23. Ass Wr. Wb

    saat ini umur saya sudah 25 tahun. saat saya menoleh ke belakang tentang masa lalu saya, saya melihat tanda-tanda kalau saya authis. Dan orang tua saya tidak mengetahui akan hal itu. Dianggapnya saya normal-normal saja. karena sejak kecil nilai-nilaiku selalu menunjukkan prestasi yang lumayan dan di keluarga saya dianggap pintar. Saya tidak bisa dengan mudah memasuki lingkungan dan bergaul. Efeknya saya jadi seperti anak pintar yang sombong. Padahal sama sekali gak ada maksud sampai kesitu. Melihat orang saja malu, dan jika lawan bicara saya itu kelihatannya judes, saya jadi takut melihat matanya. Bahkan kalau sampai marah, omonganku jadi gak lancar dan cenderung diulang-ulang. mo ngomong “benar” jadinya “bbbbbbbbenar”.
    Demikikian permasalahan saya, mohon nasehat untuk jalan keluar masalah saya ini.
    Siti.

  24. Tidak perlu bingung, tapi berusaha saja kalau ada peluang untuk pindah ke bank syariah atau lembaga keuangan lainnya yang syariah, kalau belum dapat, justru harus banyak memperdalami tentang sistem syariah itu sendiri, agar cara berfikir kita lebih komprehensif dan dapat mencari cara menghindari hal2 yang tidak sesuai syariah secara pribadi.

  25. Assalamu’alaikum
    Salam kenal untuk semua. Alhamdulillah ada blog yang bermanfaat untuk kepentingan ummat ini, terutama untuk dakwah ekonomi syariah, saya turut senang dan bangga serta siap untuk mendukung perjuangan ekonomi syariah. Alhamdulillah kami juga turut serta secara langsung penerapan ekonomi syariah, kini kami sudah mendirikan Koperasi Jasa Keuangan Syariah dan sudah beroperasional di Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTB, InsyaAllah akan segera buka di Bali. Untuk itu kami juga mohon doa dan dukungannya dan bagi temen-temen yang mau turut serta mendirikan Koperasi Jasa Keuangan Syariah kami juga siap memfasilitasi dan membantu sepenuhnya mulai dari pendirian hingga operasional. dan bagi temen-temen yang mau bergabung dengan kami, kami senantiasa membutuhkan SDM yang siap menerima. Untuk lebih jelasnya bisa datang langsung ke kantor pusat kami: KJKS ANUGERAH ABADI Jl. Raya Ngawi-Pangkur, Banjaransari, Padas, Ngawi, Jawa Timur. Telp.(0351)7894562 Fax.(0351)673448. Contak Person: Maskur Hasim (Manajer) 081548542666. Terima Kasih.
    Wassalammu’alaikum

  26. Assalamualaikum WR WB mas,
    baru sadar ada blog giniian, insyaALLah sangat bermanfaat bagi peminant ilmu ekonomi dan keuangan shariah…terus ngepost mas…

  27. Terima kasih banyak pak maskur hasyim atas informasinya, sadah mulai dijalankan kjks syariah, semoga cepan berkembang dan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Kalau memerlukan bantuan, kami juga siap untuk membantu, jangan segan2 kontak kami.

  28. Assalamu’alaykum warahmatulllahi wabarakaatuh

    waah..dapet refensi baru lg nich..alhamdulillah..
    semoga Allah memberkahi ustadz dg keberkahan yg banyak..aamiin.

    moga ustadz bsa ngisi kajian kami para trainee di Jepang..mohon bimbingannya ustadz…

    yoroshiku onegaishimasu…

    • waalaikum salam. Silahkan saja atur waktunya. apanya yang bisa kita kontribusikan untuk kebaikan banyak orang. tafaddhal kontak secara japri.

  29. Assalamu’aikum Ust. Izzudin Abdul Manaf,
    ana Taufiq dari Laz Al-Azhar, Mahasiswa Ust. di STEI SEBI, ramadhan tahun lalu 1429 H kami juga pernah mengundang Ust dalam kajian Zakat yg di selenggarakan di RS. Jakarta dalam rangka Sharing Manajemen LAZ berbasis Masjid, Oh ya Ust. Ana juga Mahasiswa yg berkesempatan di sidang skipsi oleh Ust. Terima kasih atas semua bimbingannya, mudah-mudahan di kesempatan akan datang jika ada waktu dan luas rezeki kita dapat bersilaturahim kembali. Wassalam

    • Waalaikum salam. Sama-sama akh Taufiq, semoga ilmu yang ditimba selama di Sebi bisa bermanfaat untuk umat dan untuk diri sendiri, jangan pernah merasa cukup berilmu, karena sampai akhir usia kita, ilmu Allah sangat luas yang sungguh tidak akan dapat kita gapai semuanya kecuali atas izin dan Taufiq Allah. Selamat berjuang…, wassalam

  30. Pak, saya mau bertanya,,
    maksud dari poin nomor 5 (terkait emas) pada paparan dibawah ini bagaimana pak??

    Ibn Rushd memaparkan beberapa sumber riba ke dalam delapan jenis transaksi:

    1. Transaksi yang dicirikan dengan suatu pernyataan ’Beri saya kelonggaran (dalam pelunasan) dan saya akan tambahkan (jumlah pengembaliannya)
    2. Penjualan dengan penambahan yang terlarang;
    3. Penjualan dengan penundaan pembayaran yang terlarang;
    4. Penjualan yang dicampuraduk dengan utang;
    5. Penjualan emas dan barang dagangan untuk emas;
    6. Pengurangan jumlah sebagai imbalan atas penyelesaian yang cepat;
    7. penjualan produk pangan yang belum sepenuhnya diterima;
    8. atau penjualan yang dicampuraduk dengan pertukaran uang.

    Trus, sekarang ini saya mengikuti program investasi dari PT. Golden Trader Indonesia, berikut cuplikan sistemnya;
    PT. Golden Traders Indonesia (GTI) , Perusahaan pioneer di bidang perdagangan fisik emas batangan (Logam Mulia) yang memperkenalkan konsep yang inovatif dalam perdagangan emas di tengah perdagangan emas secara tradisional di Indonesia. Spesialisasi dari PT. GTI adalah membeli dan menjual emas 24 karat emas fisik batangan (999.9).

    PT. Golden Traders Indonesia (GTI) memberikan peluang bagi para Investor untuk meraih keuntungan baik Investasi secara Jangka Panjang maupun Jangka Pendek.

    PT. GTI dibentuk untuk membantu mengendalikan dan mengantisipasi gelombang naik turunnya harga emas di pasar dunia , dengan garansi beli kembali (buy-back guarantee) pada harga awal (proteksi lindung nilai).

    Program Investasi Jangka Pendek PT. GTI dengan Jaminan Logam Mulai Emas (Bebas Resiko Investasi)

    1. Minimal Investasi : 100 gram ( nilai tergantung dgn harga emas pasar )

    2. Pilihan Jangka Waktu Investasi : 3 , 6 , 12 bulan

    3. Fixed Income / Pendapatan Tetap setiap bulan (pengganti deposito)

    a. 3 bulan : 1,5 % setiap bulan

    b. 6 bulan : 2 % setiap bulan

    c. 12 bulan : Total 30% Dalam 1 tahun (Ketentuan berlaku)

    4. Alternatif keputusan Investasi pada saat Jatuh Tempo

    a. Dicairkan (Nilai Investasi kembali 100%)

    b. Diperpanjang (Roll Over)

    c. Jaminan Emas (Logam Mulia) menjadi Hak Milik Investor

    Contoh :

    Ibu A ber Investasi dengan GTI dengan Nilai Investasi Rp 50.000.000 (kontrak 6 bulan)

    Lalu PT.GTI memberikan Fisik + sertivikat PT.ANTAM Logam Mulia 99.99/24k Senilai 100grm atau senilai investasi 50.000.000 Yang di Pegang Ibu A

    Dan selama Kontrak (6 BULAN) maka Ibu A mendapat kan CASH BACK 2% atau 1.000.000 Dr nilai Investasi 50.000.000 (setiap BULAN NYA)

    Lalu di Akhir kontrak di 6 bulan,ibu A tidak ingin melanjutkan Investasi dengan PT.GTI

    Maka Ibu A mengembalikan Fisik LM+Sertivikat nya ke GTI

    Lalu GTI akan mengembalikan Nilai Investasi awal yang di setor Ibu A senilai Rp 50.000.000

    Tanpa POTONGAN apa pun…..

    NOTE :

    ( Harga LOGAM MULIA di GTI LEBIH tinggi 20% dr harga PT.Antam/pasaran )

    Berikut ini saya berikan Ilustrasi investasI LM 100grm

    ilustrasi perhitungan 100grm 6 (bulan) Real Harga Up date

    100 grm ( GTI ) : Rp : 52.551.000
    50.220.000 X 2% : 1.051.020
    1.004.400 X 6″bulan” : 6.306.120

    Kesimpulan :

    Total Yang di dapat dlm 6 bulan,12% dr Investasi : 6.306.120
    Setiap bulan nya (6bulan) : 1.051.020
    Total dana berkembang menjadi : 58.857.120
    Asumsi Bila Terjadi Risk di Akhir Kontak :

    Asumsi Nilai Jaminan Harga LM PT.ANTAM 100grm : 43.500.000 atau Nilai sekarang 435.000/grm. Naik 10% selama 6 bln

    Nilai Jaminan FISIK LM 100grm selama 6 bln :43.500.000X 10% : 47.850.000

    Nilai Investasi Awal ( 52.551.000 )

    Nilai Jamianan LM yang di pegang : 47.850.000

    Jumlah Cash Back yang sudah di trima : 6.306.120
    ————————– +
    Total Nilai Investasi bila tidak menukar kan LM lagi ke GTI : 54.156.120

    Kesimpulan :

    Bila Nasabah tidak mengembalikan LM GTI”Sebagai jaminan” Dana Investasi Tetap berkembang.Dan masih ada Profit : 1.605.120
    dari :
    ( Total Cash back yg sudah di trima + Nilai LM yang berkembang – Investasi Awal )

    NOTE :

    Dengan memegang FISIK LM 999.9/24K,Resiko setiap bulan selalu berkurang ditambah lagi dengan Cash back yang kita terima setiap bulan nya…..

    Dan ini merupakan trobosan baru,cara modern Investasi Logam Mulia secara kreatif dan inofatif….

    Program NON FISIK Investasi Logam Mulia

    Program Non fisik ini Alternatif bagi Nasabah yang sifat nya Agresif,dengan ingin mendapat kan Nilai Cash Back yang lebih besar lagi… dengan bekerja sama System Bagi Hasil dengan GTI dengan Penanaman Modal Usaha………

    Dimana Dana Tersebut di gunakan/di putar untuk Pembelian LM kembali dan jual beli perhiasan…..

    Program Enam Bulan : 4.5% Setiap Bulan nya (dari Nilai Investasi)
    Program Satu Tahun : 5.4% Setiap Bulan nya (dari Nilai Investasi)

    Dengan Jaminan Invoice “surat hutang GTI kepada Nasabah”
    Minimal Investasi 50gram : Rp 25.000.000

    Investasi 50grm : 25.000.000

    25.000.000 X 4.5% “Setiap Bulan” (6 Bulan) : 1.125.000
    Total Yang di dapat dlm 6 bulan,27% dr Investas i : 6.750.000
    Total Dana Berkembang : 31.750.000

    Investasi 50grm : 25.000.000

    25.000.000 X 5,4% “Setiap Bulan” (6 Bulan) : 1.350.000
    Total Yang di Dapat dlm 1thn,64.8% dr Investasi : 16.200.000
    Total Dana Berkembang : 41.200.000

    Total Profit dalam 1 Tahun : 16.200.000

    Note :
    Nasabah memegang Invoice/surat Kontrak dari Golden Traders Indonesia
    6 /12 Lembar GIRO untuk penerimaan Cash back yang dapat di cairkan langsung setiap bulan nya

    MENURUT USTAD, APAKAH HALAL SISTEM INVESTASI INI????
    TERIMAKASIH

    TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA ; aldiwilman.ga@gmail.com

  31. ass..sebelumnnya mohon maaf pak, dan salam kenal dari saya,selaku mahasiswi iain walisongo,bolehkah minta bantuannya untuk mencari judul skirpsi?saya jurusan hukum ekonomi islam ( terimakasih ).wassalamu’alaikum

  32. Assalamu alaikum.
    sebelumnya sy ingin menambahkan ust. bahwa GTI Syariah saat ini sdh mendapatkan sertifikasi HALAL dari Majelis Ulama Indonesia. bahkan sebagian keuntungan dr GTI syariah diberikan kpd MUI. informasi ini sy dpt dr CS di kantor GTI di Pluit Jakarta. sy sangat mengharap pencerahannya ttg GTI ini ust.

  33. @ pak Ahmad H. Saehe
    koreksi sedikit pak, tepatnya GTI mendapatkan sertifikasi Syariah dari MUI, bukan Halal.
    kebetulan saya adalah salah satu agen dari GTI Syariah dengan kode AP99-1074.
    syukron
    wassalamu;alaikum

  34. Subhanallah akhirnya aku temukan juga muara konsultasi syariah yang luarrr biasa. Jazakumullah barokallah

Leave a comment